~ berbagi mengenai kehidupan ~

Sabtu, 20 Agustus 2016

Bersuci dengan Wudhu

lamankhatulistiwa - Sumber:kamianakislam.com

lamankhatulistiwa – Bersuci dapat dilakukan dengan berbagai cara, satu diantaranya dengan wudhu. Wudhu membersihkan tubuh dengan air dari najis dan hadas ringan sebelum melakukan shalat.

Berwudhu merupakan kewajiban seorang mukmin sebelum melaksanakan shalat. Berwudhu adalah membasuh bagian tubuh tertentu dengan air suci. Bagian tubuh tersebut adalah mulut, hidung, muka, kedua tangan, rambut, telinga, dan kaki. Jika melaksanakan shalat tanpa berwudhu maka tidak sah shalatnya.
Seperti sabda Nabi, "Tidak diterima shalatmu tanpa bersuci atau wudhu" (H.R Muslim).

Seorang mukmin harus memerhatikan rukun wudhu sehingga wudhu yang dilakukan sempurna. Sebelum penulis membahas mengenai rukun wudhu, ada baiknya penulis memaparkan syarat-syarat berwudhu.

Pembaca setia laman khatulistiwa, syarat wudhu wajib dipenuhi agar wudhu syah dan diterima Allah SWT. Jika wudhu kita syah, maka ibadah shalat kita diterima Allah SWT.

Adapun syarat wudhu, yaitu

Pertama; Islam
Jika seseorang bukan islam namun ia berwudhu, maka wudhunya tidak syah.

Kedua; Tamyiz
Tamyiz dalam KBBI memiliki arti hal dapat membedakan (antara yang baik dan yang buruk dan sebagainya); pembedaan. Jadi, tamyiz adalah keadaan seorang manusia yang sudah dapat membedakan yang baik dan buruk. Keadaan manusia dalam hal ini biasa disebut balig

Ketiga; Bersih dari Hadas Besar
Tubuh seseorang harus bersih dari hadas besar. Hadas besar yang disebabkan haid dan nifas. Haid merupakan darah kotor yang dikeluarkan wanita pada waktu tertentu. Nifas merupakan darah yang dikeluarkan wanita setelah melahirkan. Seseorang yang haid dan nifas harus mandi wajib sebelum melaksanakan wudhu.

Keempat; tidak ada yang menghalangi air wudhu ke kulit anggota wudhu
Kulit anggota wudhu harus bersih dari hal yang menghalanginya seperti cat dan tato.
                       
Kelima; air suci dan mensucikan
Pembahasan air untuk bersuci sudah dipaparkan dengan judul Lima Macam Air dalam Bersuci.

Pembaca setia laman khatulistiwa, itulah beberapa syarat dalam berwudu. Pembaca harus mengetahui syarat wudhu terlebih dahulu sebelum mengetahui hal lain dalam berwudhu. Misalnya rukun wudhu dan sebagainya.

Semoga pemaparan kali ini menjadikan pembaca menambah wawasan mengenai bersuci. Jika ada kekurangan dalam tulisan ini, kami mohon pembaca menambahkan. Salam (ZN)

Baja Juga : Dua Jenis Hadas
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Khatulistiwaku | Powered by Blogger
Design by khatulistiwa | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com